Doa Menyembelih Qurban yang Diajarkan oleh Nabi


Setiap orang muslim yang akan melaksanakan qurban pastinya menginginkan ibadah qurban dapat memiliki nilai manfaat maksimal sebagai ibadah diterima oleh Allah SWT. Selain itu adalah perbuatan saling berbagi untuk mereka yang jarang jarang makan enak (daging). Salah satu hal yang pendting, selain syarat sah qurban adalah doa menyembelih hewan qurban.

Syarat sah hewan qurban adalah yang terbaik, berikut umur dan kondisinya tidak cacat. selingan tatacara menyembelihnya pun terselip rangkaian amalan dzikir dan doa saat menyembelih hewan qurban.



Berikut ini doa menyembelih qurban yang diajarkan oleh Nabi

Secara simpelnya, bagi muslim disunnahkan baginya mengamalkan doa menyembelih hewan qurban ini:

بِسْمِ اللَّه اللَّهُمَّ وَاللَّهُ أَكْبَرُ اَللَّهُمَّ هَذَا مِنْكَ وَلَكَ، هَذَا عَنِّي

Artinya: (Dengan Nama Allah, Allah Maha Besar, Ya Allah ini dari-Mu dan untuk-Mu, ini kurban dariku).

Lalu jika berada sebagai penyembelih hewan qurban dan menyembelih hewan qurban milik orang lain, maka bacaan doanya adalah doanya seperti di atas ditambah dengan

بِسْمِ اللَّه اللَّهُمَّ وَاللَّهُ أَكْبَرُ اَللَّهُمَّ هَذَا مِنْكَ وَلَكَ، هَذَا عَنْ فُلَانٍ

Ya Allah, terimalah kurban dari fulan dan keluarga fulan," (dengan menyebut namanya).

Namun kedua bentuk doa menyembelih hewan qurban di atas bukanlah menjadi bacaan doa wajib, karena sesungguhnya amalan yang paling utama adalah membaca Bismillah dan menyebut nama Allah sebelum menyembelih. Jika sudah dimulakan dengan Bismillah maka hukumnya adalah sah penyembelihan hewan qurbannya. Hal ini didasarkan pada firman Allah yang tegas menyatakan

"Maka makanlah binatang-binatang (yang halal) yang disebut nama Allah ketika menyembelihnya, jika kamu beriman kepada ayat-ayat-Nya." (QS. Al-An'am: 118)

Selain itu firman Allah lainnya punmenyatakan bahwa:

"Dan janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya.  Sesungguhnya perbuatan yang semacam itu adalah suatu kefasikan." (QS. Al-An'am: 121)

Dan semakin dikuatkan dengan sebuah hadits shahih dari Baginda Rasulullah SAW yang diriwayatkan dalam Shahihain, dari Anas bin Malik Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata:

“Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam berkurban dengan ekor domba jantan yang dominasi warna putih dan bertanduk. Beliau menyembelihnya dengan tangannya sendiri, membaca basmalah dan bertakbir serta meletakkan kakinya di atas samping lehernya."

Semoga dengan melakukan syarat qurban, doa, dan pembagian qurban semuanya mendapatkan pahala dan manfaat terbaik di moment Idhul Adha ini.

Img: wartasolo